Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal

Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal -  Ternak Kelinci  . Kelinci merupakan salah satu hewan yang bila kita lihat sangat menggemaskan . sehingga banyak orang yang menyukai utuk memeliharanya . Namun disamping itu , kelinci juga memiliki nilai jual lainya yaitu dagingnya . Banyak menu makanan yang menjadikan daging kelinci sebagai bahan utamanya . Sehingga tak heran jika dipasaran permintaan akan adanya kelinci semakin meningkat .

Jika dilihat dari segi peluang usaha, bisns ternnak kelinci tergolong bisnis yang cukup menjanjikan . Untuk itu jika sobat ingin memulai bisnis ternak kelinci ini. Berikut info Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal untuk sobat sekalian . 

Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal

Penyedian Kandang Kelinci

  • Jika kita ingin memelihara atau beternak kelinci mulai dari anakan maka sebiknya kandang yang kita sediakan adalah kandang baterani yang diberi litter. Namun jika kita langsung membeli indukan, maka cukup dibangun kandang baterai saja. Ukuran box baterai kandang kelinci yang bisa digunakan untuk semua jenis kelinci 70 x 50 x 60 cm. (panjang x lebar x tinggi) ini bisa memuat 5 ekor. Namun jika kita ingin megembang biakkan maka dalam satu box kandang cukup diisi dengan sepasang.

Perawatan Bibit dan Calon Induk

  • Perawatan bibit menentukan kualitas induk yang baik pula, oleh karena itu perawatan utama yang perlu perhatian adalah pemberian pakan yang cukup, pengaturan dan sanitasi kandang yang baik serta mencegah kandang dari gangguan luar.

Penyiapan Makanan Kelinci : 

  • Siapkan pakan atau makanan kelinci. Jika ingin praktis cukup membeli pelet dan ditambahkan dengan sedikit hijauan makanan ternak yang cocok untuk kelinci. Adapun beberapa hijauan yang cocok untuk makanan kelinci; leguminoseae (daun kacang-kacangan), sayuran (kangkung dan wortel), rumput unggul yang masih muda, daun ubi (baik umbi jalar maupun ketela). 

Pemberian Pakan : 

  • Jenis pakan yang diberikan meliputi hijauan meliputi rumput lapangan, rumput gajah, sayuran meliputi kol, sawi, kangkung, daun kacang, daun turi dan daun kacang panjang, biji-bijian/pakan penguat meliputi jagung, kacang hijau, padi, kacang tanah, sorghum, dedak dan bungkil-bungkilan. Untuk memenuhi pakan ini perlu pakan tambahn berupa konsentrat yang dapat dibeli di toko pakan ternak.
  • Pakan dan minum diberikan dipagi hari sekitar pukul 10.00. Kelinci diberi pakan dedak yang dicampur sedikit air. Pukul 13.00 diberi rumput sedikit/secukupnya dan pukul 18.00 rumput diberikan dalam jumlah yang lebih banyak. Pemberian air minum perlu disediakan di kandang untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.



Reproduksi dan Perkawinan :

  • Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5-6 bulan dan pada umur 7-8 bulan pada kelinci jantan. Bila terlalu muda kesehatan terganggu dan dan mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dengan betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi / sore hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu keduanya dipisahkan lagi.

Pemeliharaan Kelinci

1) Sanitasi dan Tindakan Preventif

  • Tempat pemeliharaan diusahakan selalu kering agar tidak jadi sarang penyakit. Tempat yang lembab dan basah menyebabkan kelinci mudah pilek dan terserang penyakit kulit.


2) Pengontrolan Penyakit

  • Kelinci yang terserang penyakit umumnya punya gejala lesu, nafsu makan turun, suhu badan naik dan mata sayu. Bila kelinci menunjukkan hal ini segera dikarantinakan dan benda pencemar juga segera disingkirkan untuk mencegah wabah penyakit.

Proses Kelahiran ( Panen )

Setelah perkawinan kelinci akan mengalami kebuntingan selama 30-32 hari. Kebuntingan pada kelinci dapat dideteksi dengan meraba perut kelinci betina. Pada hari ke 12-14  setelah perkawinan, bila terasa ada bola-bola kecil berarti terjadi kebuntingan. Lima hari menjelang kelahiran kita masukkan kotak untuk tempat beranak nanti ke dalam kandang untuk memberi kesempatan menyiapkan penghangat dengan cara merontokkan bulunya. Kelahiran kelinci yang sering terjadi malam hari dengan kondisi anak lemah, mata tertutup dan tidak berbulu. Jumlah anak yang dilahirkan bervariasi sekitar 6-10 ekor.


Demikian inormasi seputar dunia ternak yang kali in membahas mengenai Cara Mudah Ternak dan Budidaya Kelinci Hasil Maksimal untuk sobat sekalian .  Lihat juga Informasi lainya seperti Cara Mudah Ternak dan Budidaya Cacing Tanah . Terimakasih

No comments:

Post a Comment